PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM MULTIMEDIA
PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM MULTIMEDIA
Multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan
medium. Multi berarti bermacam-macam, banyak. Medium berarti sesuatu
yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Secara
terminologi (menurut istilah) multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan
informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau
gabungan dari beberapa komponen tersebut. Beberapa definisi menurut para
ahli :
a. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
b. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)
c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001)
d. Multimedia dalam konteks komputer Hofstetter, 2001 adalah:
Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai
berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dari beberapa definisi
diatas, dapat disimpulkan multimedia adalah penggunaan beberapa media
untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa
teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif.
Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif
antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.
Multimedia dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia content
production dan multimedia communication
a) Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio,
graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk
menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik,
video, film, game, entertaiment, dan lain-lain) Atau penggunaan sejumlah
teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara
yang baru untuk tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
1. Media Teks
2. Media Audio
3. Media Video
4. Media Animasi
5. Media Graph / Image
6. Media Interactivity
7. Media Special Effect
b) Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio,
cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan
material advertising, public-city, entertaiment, news, education, dan
lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah
1. TV
2. Radio
3. Film
4. Cetak
5. Musik
6. Game
7. Entertaiment
8. Tutorial
9. ICT (Internet)
Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi
a) Teks
Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah
tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan
multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat
efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks
merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan
dikenali, serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks
biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang
tertulis atau ditayangkan.
b) Grafik (Gambar)
Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih
mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting
dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks
serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia
lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan
dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.
c) Audio
Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi,
tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap.
Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara
dari voice record dan efek–efek suara lain.
d) Video
Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan
efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk
membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.
e) Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan
berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan
lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu,
animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar
karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan. Multimedia
dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan
perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan
multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh
paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer. Penerapan
multimedia menurut Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu
dalam :
1) Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran,
pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message
dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat
yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan -
perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2) Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar
yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses
belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang
dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi
multimedia
untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Aplikasi tersebut
dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak
sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun
belajar hal lainnya.
3) Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam. Contohnya
komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur
multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan
televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo,
playstation, x box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan
elemen-elemen multimedia.
4) Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi
seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum,
pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna
untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang
bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan
letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam
cakupan wilayah kios informasi tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar